Kecepatan Membaca

Kali ini saya ingin membahas tentang kecepatan membaca. kalo kecepatan bukan manusia kayaknya gak perlu di bahas ūüėõ Menurut sumber (Iwan Sugiarto, 2004) “Membaca tidak perlu paham 100%, cukup 70%… Manusia normal dalam teknik membaca rata-rata 250-300 kata/menit…Hasil survey record pembaca tercepat banyak berasal dari Belanda”. Gimana halnya dengan membaca cepat text bahasa inggris?

kata guru saya, coba kamu mimpi ato ngomel pake bahasa inggris pasti cepat membaca text bahasa inggris n otomatis TOEFL kamu juga tinggi..huahuahahaha…
Mengapa kita harus membaca cepat? kata Mbah John F.Kennedy “Faster reades enjoy better grades at school and advances higher in their careers”. Artiin sendiri maksud Mbah Kennedy itu ya ūüôā
Hmmm..dengan membaca cepat dapat melatih otak untuk berinteraksi dengan baik, menambah wawasan lebih banyak, perbanyak visualisasi sehingga otak banyak referensi. Survei membuktikan (nyontek dari sumber di atas) bahwa manusia rata-rata menggunakan 1% otak/hari. Otak memproses informasi lebih cepat dari mata. Jika tidak digunakan lama kelamaan akan hilang dengan sia-sia..Hiks..
Nah, ini yang penting utk dibaca.Yang harus dihindari dalam membaca cepat antara lain : membaca dengan suara keras, membaca dalam hati kata per kata, membuat catatan langsung, suka mengulang apa yg telah dibaca, posisi membaca yang salah (sambil tiduran), tidak fleksibel (semua dibaca), pasif (tidak tertarik pada topik dan tidak terlibat dalam bacaan), gangguan suasana sehingga tidak bisa konsentrasi (ribut), sistem kebut semalam (biasa menjelang ujian–>memperjelek daya ingat), tidak mendengarkan musik yang ada vocal (sebaiknya dengarkan musik2 instrumental).

Sebagai penutup tulisan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada guru2

TeKa dan eS De yang telah mengajarkan bagaimana cara membaca kepada saya.

Semoga amal ibadah bpk2 dan ibu2 dibalas Allah SWT.

One thought on “Kecepatan Membaca

  1. saya sudah sering gitu tapi tiap membaca juga ga mudeng mudeng juga…. tergantung otak juga sih, kalo telo ( telat loding ) susah juga.

    practice make perfect ūüôā

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s