Tulisanku dimuat dalam buku/LKS TIK untuk SMA Kelas XI Semester 1

Halaman tujuh dan lima belas buku/LKS TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk SMA kelas XI semester 1 memuat sedikit tulisanku.

Buku/LKS yang berkantor redaksi dan pusat pemasaran di Solo tersebut dapat digunakan sebagai pendamping BSE (Buku Sekolah Elektronik).

Senang hati ini ternyata ada tulisan yang berhasil dicetak dan diterbitkan untuk berbagi dalam kemajuan pendidikan Indonesia, khususnya pelajaran TIK. Dalam buku/LKS tersebut hanya sedikit tulisan saya yang dimuat, yaitu materi interaksi elektronis internet yang dimuat pada halaman 7 dan ISP (Internet Service Provider) yang dimuat pada halaman 15.

Impian menuliskan buku hasil pemikiran atas nama Nurita Putranti semakin termotivasi, huehehehe…

Tahun ajaran ini saya tidak menggunakan buku/LKS untuk siswa/I.  Saya lebih suka menggunakan materi dan soal yang saya buat sendiri karena disesuaikan dengan kemampuan siswa/I yang saya ajar. Penggunaan buku/LKS hanya untuk pegangan atau panduan saja, tetapi tidak mewajibkan siswa untuk memiliki buku/LKS tersebut.

Setiap pertemuan saya menggunakan bahan ajar yang didapat dari berbagai sumber dan hasil pemikiran saya serta penyesuaian kemampuan siswa/i. Begitu juga soal atau ulangan yang saya berikan.

Tidak bisa copy-paste dari buku/LKS karena beda materi, beda kemampuan siswa dsb. Bahkan setiap tahun perangkat ajar tersebut harus direvisi karena kemampuan siswa/I setiap tahunnya berbeda-beda.

Kembali cerita tentang buku/LKS di atas. Ada anjuran dari MGMP Tik Kota Pontianak untuk menggunakan buku/LKS tersebut tetapi saya menolak.

Awalnya karena saya hanya mengajar sekitar 1 bulan lalu cuti bersalin selama 3 bulan. Tetapi alasan penolakan tersebut bertambah karena materi yang ada di dalam buku/LKS tersebut kurang-lebih sama dengan materi2 yang telah saya siapkan selama ini.

Saya ucapkan terima kasih kepada penyusun buku/LKS TIK untuk SMA Kelas XI Semester 1 yang telah memuat tulisan saya.

Semoga bisa bermanfaat khususnya bagi siswa/I SMA Kelas XI. :)

About these ads

About nurita putranti

Nama yang diberikan ayah bunda tercinta kepada anaknya yg lahir 15 Pebruari 1984, adalah:Nurita Putranti. saya suka pake eNPe yg berasal dari inisial nama saya tuch :) tapi byk juga yang panggil saya de'ita.

Posted on July 23, 2010, in AMEMOAR, Amenulis, baca buku, belajar, cerita, edukasi, eNPe, guru, IBSN and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 22 Comments.

  1. Wah, hebat donk mbak tulisannya bisa dimuat dalam buku LKS. Selamat ya mbak…

  2. selamat selamat …. bangga deh punya teman kayak Nurita :D

  3. Selamat Bu…
    Saya turut bangga dan gembira atas dimuatnya tulisan Ibu
    Teruslah berkarya dan berbagi demi kemajuan pendidikan kita.

  4. waaa…selamat ya dek…moga ntar malah bs bikin buku sendiri yaa….

  5. Pasti ada kebanggaan tersendiri dengan dimuatnya karya tulisan untuk kepentinagn orang banyak, selamat aja Bu. semoga tambah semangat lagi dalam menulis :lol:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  6. kalo mengajar jangan galk-galak ya BU’.. hehehe

  7. wch aku baru nyadar kalo TIK itu kependekan dari (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
    wakwkwkwkk katrok….!!

  8. selamat yach tulisanya udah di muat…

  9. selamat, ya, bu ita atas penerbitan lks-nya, semoga bisa memperkaya wawasan anak dalam soal TIK. wah, salut juga sama bu ita nih, tulisannya diterbitkan dalam LKS, tapi bu ita sendiri malah ndak pakai, hehe … jarang2 loh ada guru yang bersikap seperti bu ita. salam hangat.

  10. Wah selamat tha, mudah2an dengan itu bisa menginspirasi itha untuk terus berkarya. Buat buku tulisan sendiri gk masalah kok kalo sekarang gk perlu izin sana sini kecuali izin CV nya apalagi hanya untuk kalangan sendiri. Semangat tha..!

  11. Membuat materi sendiri memang ada baiknya tapi ada juga kekurangannya. Baiknya memang soal dan materi bisa diadaptasi sesuai dengan kemampuan siswa/i dan juga variasi bisa lebih banyak dari materi standar. Namun begitu membuat materi sendiri juga ada kelemahannya, walaupun bisa diadaptasi sesuai kemampuan siswa/i, namun andaikan (andaikan loh :P ) materi tersebut ‘kurang’ dari standar, juga tidak baik bagi siswa/i, andaikan jauh di atas standarpun juga kurang bijaksana karena mungkin akan terlalu menghabiskan “sumberdaya” fikiran siswa/i yang mungkin juga diperlukan di bidang lainnya… dan juga mungkin kurang terpakai di level siswa/i tersebut, jadi kurang tepat….. Namun kalau takarannya pas, memang bisa sangat berguna! :D

  12. Wah, mantap tuh… Selamat ya! :)

  13. Selamat Bu… Maju terus…Sukses Slalu…salam buat keluarga. ye.. Bile kite ngumpul bareng lagi ya..

  14. Wah selamat ya tulisannya dimuat. Tetap menulis tulisan yang bermanfaat.

  15. Selamat Bu…!
    Waduh dengernya saja saya sudah senang ‘n bangga, apa lagi seandainya bisa jg melakukannya ya…! Dulu saya pernah nyusun untuk materi TIK d madrasah saya, tapi hanya untuk kalangan sendiri. sekedar membantu keterbatasan referensi dan alat untuk siswa.

    Salam Pendidikan

  16. selamat ya bu…. saya ikut kagum lho dengan diterbitkannya LKS itu !

  17. SELAMAT JGA YA BU ITA.MOGA MAKIN SUKSES aja

  18. Selamat bu… semoga menjadi ladang amal dan membawa manfaat untuk semua

  19. WAHH HEBAT TH, senang sekali dpt prestasi ky gtu mdhan sy jg bs mncapai nhal srupa dlm prestasi lain

  20. sayangnya semester ini saya nggak pake LKS untuk mapel TIK…

  21. selamat bu..
    semoga sukses selalu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 156 other followers

%d bloggers like this: