Mata Minus dan Mata Silinder

Bulan Juli tahun lalu saya pernah cerita tentang kacamata trus bagaimana perkembangan yang terjadi tahun ini??? Postingan tahun lalu saya tulis tanggal 20 Juli, skrg tanggal 18 Juli *beda 2 hari aja* saya akan cerita tentang kacamata juga.

Kacamata yang lama *tahun lalu* saya gunakan adalah :

Kiri : silinder = 0.75 dan minus = 0

Kanan : silinder = 1.00 dan minus = 0

Jadi mata saya tidak minus tapi silinder, kekekeke…

Pada saat menemani adik ganti kacamatanya yang hilang, saya iseng2 periksa juga dan… saya mendapatkan hasil :

Kiri : silinder = 1.25 dan minus = 1.25

Kanan : silinder = 1.00 dan minus = 0.75

Waaaaaaaaaa…skrg mata saya ada minusnya..Hiks! *pengaruh kah karena rajin ng-blog* Tapi alhamdulillah, setidaknya ukuran silinder n minusnya tidak besar *semoga tidak bertambah* dan saya masih nyaman dengan kacamata lama *alasan gak ganti kacamata*, hehehehe…

Ketika kita melihat seseorang menggunakan kacamata, apa yg sering kita tanyakan??

“Matanya minus berapa??”

Begitu bukan? Ntah apa sebabnya orang lebih sering menganggap mata yang tidak normal *pake kacamata* dianggap matanya minus. Padahal belum tentu minus.

Saya sendiri sering dilontarkan pertanyaan seperti itu. Jawaban yang saya berikan biasanya seperti ini :

“Tidak ada minus, hanya silinder”

Jawaban tersebut malah menimbulkan pertanyaan baru lagi..

“Silinder itu gmn?”

Nah loh??? Emangnya orang yang pake kacamata hanya karena matanya minus?! Ya gak lah. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

Seperti itulah kondisi mata minus jika melihat jarak jauh. Mata minus disebut sebagai myopia, yaitu pandangan kabur atau blur pada saat melihat detail jarak jauh.

Selanjutnya lihat lagi gambar berikut :

Selain mata minus ada juga mata silinder, yaitu gejala blur ke arah tertentu, tidak seperti minus yang blurnya sama ke segala arah 360°. Patokan silinder ini gejalanya berbeda-beda, diukur dari titik pusat konsentris antara 0 hingga 180°.

Menurut cerita di sini ada beberapa kelainan reflaksi yang sering dijumpai :

· Miopia
Kelainan sering diistilahkan rabun jauh. Terjadi karena sistem optik yang sangat kuat pembiasannya, sehingga fokus bayangan benda yang dilihat akan jatuh di depan retina. Kelainan ini bisa dikoreksi dengan lensa minus. Oleh sebab itu, mata miopia dikenal sebagai mata minus.

· Hipermetropia
Kalau yang ini dikenal dengan istilah rabun dekat. Apa yang terjadi pada rabun dekat merupakan kebalikan dari miopia, yaitu sistem optik yang terlalu lemah sehingga fokus dari bayangan benda yang dilihat akan jatuh di belakang retina. Kelainan ini harus dikoreksi dengan lensa plus sehingga fokusnya maju ke posisi normal.

· Astigmatisme
Kelainan ini tidak hanya meliputi masalah bagaimana fokus bayangan dibentuk, karena fokus benda yang dilihat terpecah menjadi dua bayangan.
Biasanya astimagtisme terjadi karena lengkung datar kornea dan lengkung tegak kornea tidak simetris. Keadaaan ini bisa dianalogikan dengan lengkungan pada sendok. Pada satu sisi ada yang landai sedangkan sisi lainnya terjal. Kalau sistem optik atau suatu lensa terlalu melengkung/terjal maka cahaya yang terbias melalu retina menjadi terlalu dekat. Sedangkan lengkung yang landai membuat fokusnya menjadi terlalu jauh. Akhirnya, imej atau citraan yang jatuh jadi terpecah dua.

Nah, kelainan ini yang oleh orang awam disebut sebagai mata silinder. Namun, terminologi mata silinder ternyata tak tepat karena sebenarnya bukan matanya yang silinder tetapi lensa yang fungsinya mengoreksi keadaan astigmatisme itulah yang bersifat silinder. Jadi, yang ada lensa silinder bukan mata silinder. Kasus astigmatisme banyak dijumpai pada orang Asia.

· Kombinasi Kelainan

Kelainan lensa silinder bisa dibarengi dengan kelainan mata minus atau plus. Kalau kelainan astigmatisme berbarengan dengan kelainan rabun dekat, maka fokus benda yang terlihat terpecah menjadi dua dan jatuhnya di depan retina. Gangguan ini bisa diatasi dengan lensa silinder yang disatukan dengan lensa minus. Sedangkan bila dibarengi rabun jauh, fokus benda yang terpecah akan jatuh di belakang retina. Gangguan seperti ini dapat diatasi dengan lensa silinder yang disatukan dengan lensa plus.

Sekarang sudah lebih jelas apa itu minus n silinder. Saya tambah lagi cerita tentang silinder…

Penderita mata silinder menurut dokter sebagian besarnya karena ‘genetik’ atau turunan. Tidak akan mengganggu apabila tidak ada stressornya. Komputer merupakan salah satu stressor sehingga orang yang secara genetik memiliki mata silinder akan mulai merasakan ketidaknyamanan, karena kerusakan yang semakin besar. Pada orang yang matanya normal, bagian hitam terkecil yang ada di kornea mata berbentuk lingkaran. Pada penderita mata silinder, kerusakan berada di lingkaran tersebut, sehingga bentuknya bukan lagi lingkaran. Hal ini menyebabkan mata tidak menangkap cahaya yang memantulkan ’sesuatu/benda’ dengan baik. Itu sebabnya penderita mata silindris tidak bisa melihat suatu objek secara focus. Cahaya yang masuk dipantulkan tidak tegak lurus ke objek.

Cukuplah cerita tentang mata minus dan silinder…Kesimpulannya mata saya sekarang kombinasi kelainan.

Semoga bermanfaat..

Wallahu’alam

About these ads

About nurita putranti

Nama yang diberikan ayah bunda tercinta kepada anaknya yg lahir 15 Pebruari 1984, adalah:Nurita Putranti. saya suka pake eNPe yg berasal dari inisial nama saya tuch :) tapi byk juga yang panggil saya de'ita.

Posted on July 18, 2008, in AMEMOAR, blogger, cerita, eNPe, uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 204 Comments.

  1. wa..pasti guru fisika sma 2 lg izin tak masok tuu, makenye jadi guru pengganti.. :p btw, tkp siap2 jadi kluarga berkacamata, the youngest child will use glasses..huwaa…

    ========
    mane bise mbak ngajar fisika, itu kan tanya si mbah :P
    jadi penasaran cemane muke tkp 03 pake kacamata :lol:

    • ohhh…
      silinders itu bisa dari keturunan tohh
      makasihhh… infonya…
      mm… kalau cara ngobatinya gimana.,Saya masih sekolah kls 3 SMA
      dan.. minus,selinders saya.. 1/2…
      mohon infonya iaa.. makasih… :p

  2. Ooo gitu toh.. makasih imponya.
    al-Hamdulillah mata saya cuman miopia. Mudah2an bisa ilang seperti salah satu temen saya. Tapi katanya yg slindris itu ga bisa sembuh ya? Ngga dibahas tuh di tulisan atas.

    syukurlah kalo cm miopia :)
    ya, ita juga pernah dengar kalo silinder itu gak bisa sembuh, yang ada malah nambah terus.
    ide bagus utk posting berikutnya,hehehehe

    • ass.wr.wb.

      mau nambahin aja. sbenernya kelainan “silinder” juga bisa turun atau berkurang. for example, dulu mata kanan saya “kena” siliner 3/4…trus nambah jadi 2..smp akhirnya jadi 4.
      tp lama kelamaan…alhamdulilah turun jadi 3,5.
      memang ga berkurang banyak, tp setidaknya ini menunjukkan bhw kelainan mata ini pun bisa mengalami penurunan angka.
      ga ada obatnya selain tetap pakai terus kacamata/softlens nya… krn ternyata makan vit A sebanyak2nya pun tidak membantu.

      • boleh nambahin kk, asalamualaikum wr.wb. Kalau mau beli softlen dimana y kk, di tempat optik ku gk ada, ku msh kelas 2 smp min 1

      • numpang tanya,, mata silinder yang bisa dibilang tinggi tu ukuran berapa seh?? kalau silinder murni ukuran 1,5 dan 1,75 termasuk kategori apa?? 1 lage,,apa mata silinder bisa nambah atau gk?? umur saya 24 th

  3. abang juga ada tuh silindris…. kecil siy… 0,25 di mata sebelah kanan. minus nya 0,5. mata kiri, minus 0,25 silindris 0.

    ==============
    pak ocen pake kacamata lah… :P

  4. mudah2an ndak sampai kenapa2, bu ita. ngajar di kelas, indera yang satu ini memamg amat vital, melebihi vitalnya yang lain, hehehehe :lol: hingga sekarang alhamdulillah mata saya belum disambung pakai kacamata, bu. makasih juga infonya, bu ita, berharga banget buat saya nih.

    ========
    amiin… hebat lah kalo mata bapak masih tetap dua *blm nambah 2 mata kaca*

  5. amin mata aku sehat alhamdulilah

    ========
    syukurlah…

  6. saya dulu periksa -0.5 dan +0.5…Hhhmmm jadinya netral ya Bu..:-D..hahaha…memang dan sekarang saya masih males berkacamata, dulu pernah pake tapi rasanya capek..trus saya lepas aja…Btw info dari Bu eNPe cukup bermanfaat…

    Salam,

  7. Saya sebenarnya sudah minus 2, terkadang pakai kacamata terkadang pakai softlens, mata saya yang kanan juga silindris (tapi lupa silindris berapa hehehe…..), karena kalau pakai softlens nggak bisa untuk mata silinder maka kalau pakai softlens pengelihatan saya kurang sempurna kata dokter mata, walaupun selama ini kalau pakai softlens pengelihatan saya oke2 aja……

    Btw, nanti kalau saya sudah bosan pakai kacamata saya akan berusaha pakai kaca hidung wakakakak….. **lagi kumat gilanya** :lol:

    =========
    ita baru tau kalo softlens gak bisa utk mata silinder.. :D
    wakakakak..ntar upload foto bpk kalo pake kacama hidung ya?? :mrgreen:

  8. beruntung sekeluarga tempat saya matanya norma-normal saja. kecuali kedua orang tua yang memang sudah berusia lanjut jadi wajar kalo plus.

    ==========
    alhamdulillah…kalo dari keluarga saya, bapak pake plus, ibu pake silinder dan plus, adik no 2 pake silinder dan minus, adik no 3 normal :D

  9. alhamdulillah
    mataku baik2 aja :D

    =======
    syukurlah, kang :D

  10. wah.. info mnarik mbak….. suwun :)

    =======
    sami2 :)

  11. hiks…. minus neh mbak!! tapi belum silinder. *semoga NGGAK*

    tralala… jadi pengen ngecek ni mata. udah berapa yak minusnya??? dulu mah, 475 di kiri. kanan, sekitar 300.

    GEDE YAK?? hiks…. *jadi cedih*

    banyak orang bilang, KASIAN….
    tapi seharusnya mereka ngucapin ALHAMDULILLAH…. mereka nggak seperti diriku ini. *hiks*

    btw, di mana yah, bisa sembuhin ni minus mata??

    ada tanggapan???

    =========
    huehehehe..lumayan gede ukuran minus fitri. buruan cek lagi sapa tau berkurang *halah* :D

  12. Penjelasan yang sangat bermanfaat Bu.
    Saya kopi buat saya simpan yah, pasti terpakai nanti buat bahan ajar.

    =========
    silahkan pak :)

  13. wah, kalo saya, pake kacamata udah turunan…… dari faktor genetik…..

    =========
    huehehehe..jadi melestarikan keluarga berkacamata :D

  14. waaa…..untung aku dikasiy wortel sejak kecil, jadi mataku baek2 ajah sampe sekarang ;)

    ========
    berterima kasih lah kepada orang tua septi :D

  15. masih bagus …..
    temenku begitu lahir langsung minus 3….

    sekarang matanya minus 8… (beee….)

    ==========
    weleh…weleh..kalo minus 8 kacamata setebal apa ya?? :D
    itu mgk karena keturunan

  16. Saya pernah dengar kalo orang minus or plus bisa make soft lens sementara orang silinder gak bisa. Benarkah itu mbak?

    ==========
    silinder hanya pake kacamata karena lensa kacamatanya punya sudut tertentu yang nggak boleh di ubah2. kalo pake softlens kan sudut itu nggak bisa dipertahankan, setiap kali pake softlens kan nggak bisa tetep posisinya, kan pasti muter2. Simpelnya gini, klo mata silinder itu kornea gak rata, klo ditempelin softlens yg cekung, bukannya ntar malah “menggores” kornea mata?? Jd nggak ada pilihan lain selain kacamata ato di LASIK :D

    • Silinder bisa dilasik ya? Mata saya kanan silinder 1 n minus 0.5, kiri silinder 1 minus 0. Dulu sebelum pakai kacamata kiri-kanan silinder 0.5. Trus semenjak saya pakai kacamata yang sekarang ini, kalo pas saya buka kacamatanya, pandangan saya makin kabur dari sebelum dibiasain pake kacamata. huhuhuhu…. Tapi kenapa kalo waktu saya pakai kacamata, kalo untuk focus ngeliatnya jelas dan enak. Tapi kalau waktu nyetir, agak pusing dikit. Jadi saya merasa kalau melihat yg bergerak agak pusing. Rasanya jauh semua yang didpn mata. Kenapa ya….

  17. wah berarti mata silinder iko kadarnya paling gede ta.

    pas pertama kali pake kacamata waktu SMA, kanan kalo gak salah 3.5 dan kiri 3.75, nah beberapa tahun yang lalu angka terakhirnya 3.75 untuk kiri dan 4.00 untuk kanan.

    jadi bisa dibayangin kan kalo ngeliat komputer gak pake kacamata hehehe ngeblur semua, n harap maklum kalo pas lagi nyetir motor suka gak ngeliat temen atau cewek2 yang ngelirik hehehe :D

    =========
    wa..gak nyangka ukuran silinder abg besar gt sebesar orangnya :D
    nah, itu dia kelemehan orang silinder kalo naik motor..gak liat org2 sekitar, srg dibilang sombong :(

  18. Wah, informasinya lengkap nih, menambah wawasan saya.

    ===========
    senangnya bisa bermanfaat utk orang lain

  19. Wah sangat mendetail sekali, saya sebetulnya ingin pake kacamata yang kayak film rambo.

    =======
    huehehehe..pake aja :P

  20. HHmmm …
    Aku ?
    Aku pake minus untuk ngeliat jauh
    Aku pake kacamata plus dekat untuk baca
    Aku pun silindris …

    Hah lengkap sudah ..
    (umur tak bisa di tipu …)

    Hai Ita .. apa kabar …

    =========
    huwaaaa..bapak..bapak..ya wajar lah kalo makin tua makin tambah “mata” :P
    kabar ita alhamdulillah, baik ;)

  21. Wah, kalau menurut Angga orang yang pake kacamata keren bangettttttttttttt. Terinspirasi dari SuperBoy, Lihat SuperBoy (John Haymes Newton) dan Clark (Dean Cain) di Lois & Clark atau abang kite yang markasnye di PDE paling cakep kalo lagi pake kaca matanya. Sayang tuh abang kacang matanya jarang dipake padahal Angga suke ba liat si abang kl lagi pake kaca mata :D

    ========
    orangnya keren tapi matanya udah gak normal.
    bilang aja lgsg ke orangnya, gak baik ngomong lewat “blkg”

  22. aku juga silinder
    dan yang kiri malah katnya ‘mata malas’
    pernah denger?
    tapi aku ogah pake kacamata, biarin aja

    ========
    weks..apa lagi tu ‘mata malas’?? baru dengar :D

    • bahaya itu mata malas,lama2 bisa bbuta,serius…
      itu kelainan mata yg laen lagi,kemampuan mata menurun terus sampe ke arah kebutaan.
      mumpung belom parah periksa dokter,kalo dah parah gada obatnya,ga bisa dilasik ato apapun.

  23. wah.. Alhamdulillah ridu masih sehat mba matanya..

    ========
    syukurlah, du :)

  24. kiri sm Kanan Beda ya???
    katanya nih mbak
    Orang Pake kaca mata karena 2 perkara
    – karna keseringan membaca
    – Karna kekurangan Vitamin hehehe….
    Bu Guru karena perkara yang mana tuh!!!:D

  25. kiri sm Kanan Beda ya???
    katanya nih mbak
    Orang Pake kaca mata karena 3 perkara
    – karna keseringan membaca atau keseringan di depan komputer
    – Biar keliatan Keren
    – Karna kekurangan Vitamin hehehe….
    Bu Guru karena perkara yang mana tuh!!!:D

    hehe……

    ========
    iya, kiri sama kanan beda.
    hmmm..kyknya bisa utk ketiga perkara itu,kekekekeke… :P

  26. ade yang mata persegi ndak? :D

    ========
    mane adeeeee…

  27. heheheh saya juga silinder tuh…semuanya jadi blur kalo ngga pake kacamata. tapi…tidak bisa pake kacamata karena my baby akan cabut kaca mata itu terus…

    Ya kalau nyetir aja pake kacamatanya

    ======
    begitulah nasib kita yang matanya silinder, hehehehe

  28. Bu, bole kritik ga?. Fontnya kok gede2 ya, jadi berantakan. Lagi musim apa Ta di sana. Kirimin juga dong ke Samarinda sini

    =========
    terima kasih atas kritiknya. disini kyknya gak berantakan, huehehhe..
    di ponti lagi musim langsat, murah euy

  29. Sy seorg kutubuku dr umur 2.5 tahun, agk gaptek sh, br bljr internet jg.
    Skrg kls 12, minus 9.
    sy mempljri pengobatan Timur sjk 4 SD, jg sngt menyukai biologi.
    Mata minus tdk bisa dismbhkn oleh wortel n tomat, itu hny berfungsi untuk menyegarkan mata n menekan laju minus, (utk yg msh 0.5 mgkn bisa)
    Sy lgi mencoba obt mata (konsumsi, bukan tetes) yg ud brhsl menyembuhkan silinder tmn skls sy, n juga menurunkan minus kenalan sy dr 4 jdi 2.5 dlm 200 hari (2 btl)
    stlh sy coba, 3 hr kmudian ud terasa,
    mgkn klo tmn2 mau thu lbh bnyk, silakan kontak saya di:
    Kunlunpotala@gmail.com
    atau Hp.: 085252468979
    ya…
    sy agk cerewet, jdi, sr2y klo kpnjgn…
    Sngt ingin berbgi cerita pd tmn2 sependeritaan sh…
    Semoga bisa membantu… =>
    130

    =========
    terima kasih banyak atas informasi yang telah diberikan

  30. Saya ada informasi buat pemakai kacamata minus,plus,katarak dan silindris bila ingin sembuh coba pakai obat tetes mata herbal Radixvitaepapua temuan Heinrich Melcher yang sekarang tinggal di Papua obat ini asli papua indonesia.saya sudah mencobanya dan ternyata manjur. Silahkan lihat disitus Radixvitaepapua.com atau nonoton ditevisi disaluran JTV setiap bulan minggu keempat hari kamis jam 14 wib.obat ini sangat manjur buat teman2 semua,namun tidak manjur bagi yang suka merokok,minum alkohol,narkoba dll silahkan hubungi alamat saya bila anda ingin mencari informasi

    =======
    terima kasih atas informasinya :)

  31. mata saya yang kanan minus 8 dan yang kiri minus 7.apa saya biasa tidak pakai kaca mata?
    terimakasih

  32. yaaa klw mau sembuh coba aja operasi lasik,emang siiih mahal satu mata kena 7 juta.

  33. eeh kak/bu nurita pengen tanya tu tommy yang katanya abat dari papua pengen kontak dai,dia ngasih alamat ga??? PLEASE BANGET YAAA>soalnya saya pengen sembuhin mata saya ni.

  34. Mb^nurita harus bsyukur ma Tuhan masih mending minus nya tidak terlalu banyak.
    Sedangkan saya parah mb…
    Kanan : minus 11 silinder 4
    Kiri : minus 7 silinder 1
    Tapi saya tetap bersyukur mb, masih banyak orang yg lebih parah dari Qta…
    Ya semoga ada keajaiban agar ketika Qta tidur dan bangun di keesokan harinya saat Qta bangun mata Qta sudah normal…
    Ammmiiieeeen……..

  35. wah .. mksi bgt atas info’a ..
    kebetulan . q jg pnykt mata gt, silinder mksd’a ..
    eheh ..
    ^^

  36. Buat yang ingin sembuh minusnya :

    mata minus, mata plus, mata silindris TIDAK AKAN PERNAH SEMBUH dengan obat !!! ingat ini. ( kalau cuma min/plus 1/4 – 1/5 ya bisa aja hilang karena faktor usia). jadi tidak usah berusaha berobat biar sembuh. kalau mau sembuh ya operasi lasik.

    yang menawarkan pengobatan biar sembuh berati dia penipu. saya sampai saat ini sudah menantang puluhan tabib/dukun/tukang obat dll yg menawarkan jasa peneymbuhan mata min/plus, tp blm ada satupun yang berani menerima tantangan saya, saya tantang dgn penelitian ilmiah.

    mohon maaf bagi yg bisnis didunia ini, saya harus komentar yang sebenarnya, saya kasihan ribuan orang sudah menjadi korbannya.

    bgm dengan dinkes dan BPOM? maklum tidak ada tindak lanjut, lupa ya? kita kan tinggal diindonesia, negri yang konyol…

  37. Waah disn tmptnya makhluk brkacamata.. Bs bg pengalamaan dunk.. Q jg pny kelainan mata (min n silinder)..

  38. kata orang …mata minus itu ada berbagai macam penyebabnya:
    sering baca buku
    sering nonton TV
    sering chatting di depan komputer
    sering Lirak Lirik
    sering Lihat haL.2 yang dosa..
    hehehehe…
    so..piLih aja…smoga cepet sembuhh
    hehehe just kidding cuuiiii……..

  39. jaman sudah modern banyak obat2an baru yang diketemukan jadi untuk yang bilang TIDAK AKAN PERNAH SEMBUH dengan obat saya cuma katakan “hari gene…..masih punya pemikiran kuno”, buktikan saja sendiri.Zaman dulu malaria belum ada obat, sekrang dijual bebas, sampai sampai penyakit cancer saja sudah ada obatnya dan untuk yang kanker alias kantong kering pun ada obatnya .
    Untuk membuktikan Saya sudah coba karena minus saya sebelumnya kanan 2.50 C 1.00×100 kiri 2.00 C 1.00×90 kiri 2.00 c 1.00 x90
    sekarang kanan 2.25 c 0.75×90 kiri 2.00 c 0.75×90 dan tegaskan lagi memang betul kita mesti berhati hati untuk ijin ijin dari bpom perhatikan kode kodenya kalo SI itu suplement import, ML makanan luar, jadi untuk obat2 pilih yang berkode TI ato TR karena T berarti therapeutic artinya punya kemampuan untuk menyembuhkan sedangkan I import dan R lokal
    semoga membantu

  40. makasih banget nih infonya, manfaat bangt buat saya, sy silinder tp lupa berapa, dan saya tidak mau pk kacamata karena kalo pake pusing dan tambah lelah. mudah-mudahan tidak nambah lagi.

  41. Mata saya divonis kanan silinder -1 as 160 derajat kiri -0,25. Maksudnya apa? Saya sekarang dah pake kacamata sebelumnya belum pernah dan gak ada keturunan silinder.

  42. Tambahan mata saya hanya tidak fokus untuk melihat jarak jauh. pada jarak dekat tidak ada masalah. cuma memang sering pusing.

  43. anak saya berumur 7 th, mata kiri silinder 4, mata kanan silinder 3.75. saya baru mengetahui mata anak saya silinder. ayah&ibunya tidak ada yang silinder. yang saya tanyakan, sebabnya darimana?
    bisa diterapi/disembuhkan ?

  44. owwwwwwwwwwwwwww
    bagaimana cara mengobati mata silinder itu??????
    n obat makanan apa aja yang dapat memulihkan kondisi mata tersebut???????

  45. Hehe.. Keren lg pk kcmata.. Jd klihatan smart gitcu.
    Kalo aq Mata kanan -3.00, kri -1.75.. Jauh ya bedany, jd kcmt q kliatan tebal-tipis gt..
    Aneh, tp smart, wkwkwk

  46. Wah… makasih banget infonya, mba…
    Saya baruuuu hari ini pake kacamata (makanya googling buat nyari info). Mata kiri saya silinder 0,75. Mata kanan normal. Waktu pertama kali tau, saya kaget. Rasanya kayak divonis kanker stadium 4 *halah… lebay..
    Iya, saya kaget banget karena saya merasa mata saya masih bisa melihat dengan jelas. Kata mas-mas di optik, itu karena cuman sebelah yang silinder, makanya ga kerasa… CMIIW..
    Yah, semoga ga nambah lagi deh…. ^^

  47. Ada nih… Obat buat kelainan mata.
    Baik minus, plus, silinder, katarak, glaukoma, dll.
    Asal msh ngeliat n blm buta aja.
    Caranya:
    ambil laba2 yg menyengat n bracun, sblum tidur sengatkan ke tubuh kita. Lalu tidur deh…
    Keesokan harinya…
    Aba kadabra…
    Pnglihatan loe bakal jelas n normal kembali.
    Ky si Peter Parker gitu loh.
    Coba ya…

  48. Gila it mah mau cAri mati.
    G sebel mata g uda mlai mNs dh, cz dDk dpn aj uda rada burem cm burem ny bentaran, napa y? PRnh prEKsa kta na c bru 0,5 blg k ny0kap tp ga pRcy sebel dhe yoda dhe skr xlo liHat tUlisn rada2 Geto dhe

  49. asslkum…
    saya penderita mata silindris…

    saya mao tanya..apakah bisa di sembuhkan.?
    dan bagaimana menyembuhkan penderitaan ini.?

    terima kasih..

  50. anak saya minus 7 umur 4 tahun,nunggu umur berapa harus di lasik?

  51. tambahan untuk leopratama,dimana kalau mau mendapatkan obat konsumsi untuk mata minus?

  52. Baru 2 hr yg lalu iseng2 periksain mata, ternyata ber-2 suami sama2 silinder, Awalnya sih gak terasa, cuma sedkt blur dan perih kl lama2 nongkrongin komputer, kirain monitornya yg bermaslh,gak taunya mata sendiri.
    Disarankan pake kacamata, tp gak suka karena smpe saat ini msh enjoy aja tanpa kacamata.
    Apa ya efeknya kl gak pake, walaupun sdkt blur tp males kl musti berkacamata.
    Info; kanan 0,75 dan kiri 0,50.
    Apa iya kl gak mau pake mata lama2 bs jd juling??

  53. wah, artikelnya bagus sekali..terimakasih ya?!

  54. saya penderita mata minus,, apakah mata minus saya ini bisa di sembuhkan

  55. wah, artikelnya bagus sekali..terimakasih ya?!

  56. Bu. . . .mau tanya. .
    Kalo silindris bisa di Lasik?

    trmakash infonya :)

  57. Mata kiri saya Minus :0,5
    Dan mata kanan saya silindris :0,5

    Apakah cara penanganannya sama dengan kelainan mata yang lain???

  58. Sist saya beli obat tetes mata namanya propolis, semacam obat alami yg terbuat dr hasil lebah gt. Harganya 120rb, katanya bs nyembuhin bnyk penyakit termasuk minus, silindris, dan katarak. Setelah saya coba hasil nya lumayan jadi bening dimata, tp apa bs 100% nyembuhin ya sist ?

    • Saya sendiri belum pernah pakai obat tersebut, tp syukurlah jika ada perubahan positif setelah menggunakannya :)

    • oia sobat…hanya mau tanya detoksifikasi setelah pemakaian propolis u/ mata minus n selinder gimana?gatal or lainnya….tp ipar saya tumor jinak dimata pakai propolis hanya 2 botol alhamdulillah sembuh…g jadi operasi….sama g ya??…oia sobat di sini saya beli propolis cuma 100rb…klo mau titip hub:02198804552…ditunggu infonya

    • saya juga punya silindris mata dan kebetulan ada juga dirumah saya prropolis.
      kalu diberi propolis sembuh juga ngga ia??
      trus cara penetesannya gimana??
      sakit/pedih banget ngga??
      tolong infonya. terimakasih.. :-)

    • saya juga punya silindris mata, dan kebetulan di rumah saya juga ada propolis.
      kalau diberi propolis, silindernya berkurang ngga ia?
      truss cara penetesannya gimana??
      sakit banget atau sekedar pedih aja??
      tolong info dan jawabannya.
      terimakasih..:-)

  59. makasih atas info.a…….

  60. Ooo begitu, ternyata ada minus dan silinder. Kalo kagak salah ada juga mata plus kali ya.. plus jalalatan..he..he, postingannya menarik koq :D

  61. Td Q biz periksa mata n ternyata mata Q juga selinder pertama kali tau Q bingung selinder tu pa sih?:-S Setelah baca info ri mba jd tau deh :-)thanx y taz infoY

  62. assalamu’alaikum mba’..
    pengen tanya2 nih.. klo silinder itu suka silau ngga sih?? soalnya aku klo liat neonbox suka dobel2 gt tulisannya, kaya berpendar.. emg baru CYL 0,5 sm SPH 0,25 sih kanan kiri.. tapi udah ngga nyaman banget ama silaunya itu.. hehehe

  63. elia rahmani

    assalamualikum….
    mo tnya niwh….
    dulukan waktu pertama kali periksa mata kiri ma kanan sma2 minus 1,5,,
    nahh beberapa bulan kemudian aku periksa lagi…ehh ko malah jadi mata kiri minus 3+silinder 0,5 kanan minus 2+silinder 0,5..itu waktu smp…
    beberapa bulan setelah msuk sma aku periksa lagi….
    ko mlah jadi nambah lg yahh..
    mata kanan minus 3,5+silinder 1 mata kiri jugha sama…
    ko bisa gitu yah,,,????
    padahal aku suka pake kacamata ko….
    maksh..
    wslam…

  64. aku mungkin sependapat kalo mata minus n silinder tu faktor genetis, soale aku 5 bersaudara semua pada pake kcmt dengan kombinasi kelainan itu, emakku jg pake tapi plus. jadi kalo ngumpul bareng kayak mobil aja.. tinggal pasang wiper hahaha…. artikelnya bagus kok.. informasinya sangat bermanfaat… kalo ada beneran pengen juga dgn usulnya si Rio…mengikuti Peter Parker , takutnya abis di gigit laba2 nggak sadar seterusnya huahahaha…..

  65. kak, kalo mata kiri -0.25
    kanan -0.75 silindris 0.5
    perlu gak sih pake kacamata?
    kan itu kecil banget ya

    • selama mata masih mampu melihat dengan jelas, sebaiknya tidak pake kacamata dl. sering2 makan/minum yg mengandung vit.A

      • saya baru priksa mata dan hasiLnya
        kanan : siLinder : seperempat
        kiri : siLinder : seperempat

        apa itu tidak bisa kembaLi normaL??
        padahaL saya masih keLas 6 SD
        toLong dijawab ke aLamat emaiL saya y?

        TERIMAKASIH

  66. Alfredo Danile Hesaga

    Mata saya juga bermasalah
    kanan-kiri minus 6
    truz gatel dan berair
    masalah lagi ku jarang periksa ke dokter / optik jd tahunya minusku 6, meskipun begitu ku
    punya kacamata yang lensanya minus 5 sering aku pake dan aku masih bisa melihat degan baik dg kacamata minus 5 itu.
    Buat yang tahu, kalo kita ganti kacamata yang bukan ukurannya bisa berdampak buruk gak?

  67. aku kadang minder dengan mata aku sendiri, apalagi klo denger Dr. mata aku takut hehe.., sebelum nya mata aku minus setelah aku ga pake kacamata lagi pas diperiksa ulang mata aku jadi silinder… aku ngerasa risih dan ga pede klo pake kacamata. sekarang aku ga tau silinder aku brapa..??? sekarang aku mulai ga pake kacamata lagi karena, pake kacamata ato tidak pake kacamata penglihatan ku sama aja
    yang aku mau tanyakan sekarang :
    1. apa obatnya ato makan apa, supaya penglihatan aku sembuh ??? selain wajib harus
    pakai kacamata dan makan wortel? karena jujur aja aku ngerasa kurang nyaman klo paka
    kacamata.
    2. apakah silinder akan menyebabkan katarak ato kebutaan ???
    3. klo misalnya pakai kacamata silinder besar apakah kacanya akan terlihat lebih tebal di
    bandingin dengan mata minus besar ???

    selama ini, tiap 2 kali sehari aku selalu pakai obat tetes madu, sebetulnya obat itu fungsi nya untuk mengurangi mata minus, tapi setelah aku pakai obat itu, aku merasa pusing aku mulai berkurang walaupun kadang penglihatannya masih agak kurang jelas.

    sebelumnya makasih atas perhatiannya ditunggu sekali jawabannya. makasih.

  68. ada metode baru dari lasik.
    katanya lebih canggih.dan resiko efek sampingnya kecil.
    namanya epi lasik.
    nih link untuk info+videonya

    http://www.infonline.tk/2010/06/epi-lasik-video.html

  69. Makasih infonya bermanfaat banget, aku sangat shock ketika aku diharuskan memakai lensa silinder, sedih deh.,…..

  70. Mata saya kiri -0.50, kanan -1.00, silinder kiri kanan -0.75. Bisa sembuh ga ya?

  71. apakah da solusi untuk itu mbak?
    sya mahasiswi semester 3,sejak kelas 1SMP sudah pake kacamata, n 1taun lalu ( terakhir cek up )
    mata saya
    kanan = silinder 1,5 minus 5,0
    kiri = silinder 0,2 minus 4,5
    sya lelah kalu harus mengenakan kacamata setiap hari.

    mohon bantuannya…………….
    terimakasih…………

  72. thanks ya infonya, pas periksa alupa nanya silinder berapa gitu, tapi apa benar mata silinder ketika terkena cahaya begitu silau, ketika naik sepeda motor pada malam hari, dari arah berlawanan cahaya lampunya begitu silau dan saya tidak bisa melihat apa-apa, trus kacamataku tak pakek hanya didepan komputer aja, mataku minus juga apa ada pengaruhnya jarang pakek kacamata?

  73. hemm memang begitu.. saya jga merasakan’a

  74. ass…….sobat setia adik ipar mata kanannya minus n selinder..dia pakai propolis setelah itu reaksinya gatal2…apakah iti reaksi positif atau negatif….tlg infonya ya???

  75. Tks info nya mbak…..

  76. hahaha..ternyato byk yg senasib dan sebangsa,aku jg silinder dan minus
    tiap taun gnti kca mata..pasti hasilnya nambaaaah
    baik minusny maupun silindernya..
    pnyakit ini bner kturunan..coz uyut,nenek,mamah,adek’ku jg silinder
    yaaah alhmdulillah…dinikmati aja’ttp bersyukur msh bs melihat wlupun gk senormal mata yg lain!!
    Ganbatte ne

  77. Allow bu ita…. Wah sng bgt dpt info ttg mata silinder,,,eh mksdY Astigmatisme
    prtama Q ker mata wkt kuliah kty min 0,25…kt tmn2 yg pke kaca mata, min 0,25 msh ringan, mkane kacamataQ ga prnh tk pke,, tp lo pas kuliah trpaksa tk pke cz tulisan di papan tulis/Proyektor ga jlas…palagi lo bis baca buku lama,,,pandangan lgsg buyar, ga jlas…
    skr saya sdh ngajar, yg saya rasakan lo absen siswa sering loncat2, smp hrs ditintun jari tlunjuk, trus liat tulisan saya ndri di papan tulis dr blakang ga jlas, saya pkr tu wajar2 saja, tp wktu saya tanya siswa, kty “tulisane jelas bu”. saya cb pke kacamata wkt kuliah, eh dpke mlh pusing.
    Kbtulan da kir gratis di sekolahan,, eh kty mata kanan min 1,25 kiri min 1. krn pnasaran akirnya saya kir di RS, ternyata mata saya kanan & kiri silinder 0,75 + min 0,25.
    Saya penasaran ttg mata silinder,, sekarang penasaran saya sdh trjwb… Makasih ya bu Ita… Dg kacamata silinder, skr saya bs mnikmati indahnya dunia tampak begtu jelas… Subhanallah…..

  78. Saya pernah di cek di kantor saya, ternyata terdeteksi kalau mata saya sebelah kanan silinder, tapi setahu saya kalau silinder kalau melihat dengan jarak jauh agak rabun tapi sejauh ini terlihat tidak seperti itu…., apa saya salah di cek pada waktu itu ya?????

  79. Boleh ga’ klonya mata silender it pake softlens?

  80. setauku sih mata silinder bisa pake softlens tapi harganya itu looh :p ku juga silinder + minus sekarang uk kiri silinder 1 min 0.75 kanan silinder 3 min 1.25… ternyata banyak teman sependeritaan nih.. hehehe

  81. setauku sih mata silinder bisa pake softlens tapi harganya itu looh :p ku juga silinder + minus sekarang uk kiri silinder 1 min 0.75 kanan silinder 3 min 1.25… ternyata banyak teman sependeritaan nih.. hehehe jadi bisa bagi2 info

  82. thaks tas infonyaaaaaaaaaaaaaa

  83. hmp,,,gimana sih caranya periksa mata tanpa harus ke dokter mata??
    mataku tuu klo di skula sering kluar air mata sendiri,,,
    truz aku udah kebiasaan nunduk,,
    penglihatanku kadang” burem trus kadang” jelas,,
    apa aku punya mata minus??

  84. thanks mba’.
    Infonya sangat bermanfaat banget. coz slindermata kanan saya bertambah hingga 5 neh minusnya tetap 2.7 padahal tahun lalu mata kanan saya slindernya 3 minus 2,7. sedangkan mata kiri silinder 2,5 minus 2.
    doain yach, moga bisa sembuh.

  85. Ikut gabung ach…
    Mata kiri silinder 0,75 mata kanan normal,
    Apa benar penyakit mata silinder cm bs d sembuhin lewat operasi,
    Apa jadinya klo saya pakai kacamaya terus,, sy kurang pede klo pke kacamata.

  86. saya hanya berharap semoga mata kita kembali normal…amiin,,

  87. Tdi aku habis periksa krmh skit ,
    awal.a kplaku sring pusing dan mual . pas aku cek ternyata mataku yng knan silindris 0.5 ,yg kiri msh nrmal .
    Bingung kenapa bsa kna mta silindris ? Faktor gen ?tpi keluarga kayaknya gag pda pke kcamata .
    Em , bisa gag y disembuhin ? Mhn pnjlasan.a

  88. dulu Q pengen kalo liat orang pake kaca mata, tp sekarang setelah kena astigmatisme, baru ngrasain ternyata gag enak bgt pake kacamata tiap hari…pengen aku cabut deh keinginan dimasa lampau…
    tp makasih ats infonya yha mbak…
    oh ea, sekalian nanya..kalau matanya udah kelainan gini boleh gag sih pake sembarang tetes mata, misaknya kalau kelilipan gitu???
    mohon dijawab yha…
    tengkyuuu sebelume…….

  89. waktu jd TU and ngadepin leptop terus, mata ku jd rada aneh…mirip ky yg di ceritain tadi.nggak bisa focus. pas aku tes mata, ternyata silinder 1…..
    sumpah mengganggu bngt….pnya saran nggak untuk nyembuhin atau ngurangin silindernya……..
    thank’s info nya

  90. teman saya silinder juga,dan dia terkadang suka mengalami pusing -pusing dan mengalami buram pada penglihatan nya.silinder nya -1/2.apa yah obatnya selain di operasi.tolong kasih tau yah. makasih !!!!!!!!!

  91. saya mau tny,:
    ktany klau CILINDR itu pnykt kturnan,???
    tp ortu saya oq tdk ada yg ca ^^t mta,???

    saya clindr,0,75 & 0,25,dan saya berkcmta.
    tp,….. saya tdk MINUZ.

    padahal saya umurny msh kcl.

  92. as salam
    mata kiri sy silinder 0,75 kanan masih normal..
    klu kduanya berfungsi ga’ngaruh sih tuk penglihatan,
    apa tdk berpengaruh k mata kanan klu sy tidak pakai kacamata, mata kanan sy bisa silinder juga??
    apa bisa d sembuhkan tuk mata silinder ??
    g mana cara cegah mata kiri sy agar tdk nambah silindernya

  93. terimakasih…sekarang saya tahu bedanya. dan saya termasuk “kombinasi kelainan” dan belum mau pakai kacamata …:)

  94. nih inpo buat pencerahaan aja…

    Cylindr bahasa Medisnya adalah Astigmatism.

    Gangguan Refraksi semacam Myopia(rabun jauh), Hypermetropia(rabun dekat), dan Astigmatism(Cylinder) sebenarnya bkn penyakit, tetapi penurunan daya kerja mata terhadap penerimaan cahaya.

    Normalnya, lensa mata menangkap cahaya dan di fokuskan ke Retina.
    Dan pada Kasus Cylinder, cahaya yang masuk gak fokus, tetapi terpecah. Itu di karenakan kornea mata gak rata.

    Itu sbabnya kalo melihat Huruf kadang berbayang.
    Ciri2 Lain, pusing di antara mata/dahi, mata suka berair, dan kalo melihat sesuatu kadang harus melirikan mata baru bisa jelas.
    Untuk Cylender, memiliki kemiringan(axis) sendiri, dan tiap2 org berbeda. Misal kamu cylnder -1.00 axisx 45 derajat, maka kalo kamu melihat sesuatu (huruf misalnya) dan berbayang, maka akan jelas ketika kamu melihat memiringkan kpla kurang lebih 45 drajat jg.

    Ada beberapa penyebab Cylinder.
    Pertama, bawaan lahir
    kedua, mungkin kamu pernah jatuh dgn keras, dan itu bsa membuat kornea mata tak rata.
    Ketiga, radiasi atau chaya yg diterima trllu lama, radiasi smisal dri tv atau komputer jg penyebab Myopia atau rabun jauh.

    Jika power cylnder masih dianatara -0.25 s/d -1.00 masih bs berkurang, diatas itu susah.

    Tetapi itu relatif, tiap orang gak sama. Saya beberapa kali nemuin pasien yg awalx cylinder -2.00, dan setelah 6 bulan berkurang jd -1.50.

    Kacamata atau Softlens adalah alat bantu, bukan penyembuh. Minimal menahan agar Power tidak cpat bertambah.

    Terapi ringan yaitu biasakan melihat benda2 berwarna Hijau, entah halaman berumput atau apa aja.

    Sekali lagi relatif, tiap orang beda2 kasus dan pengalamanx dgn Cylinder.

    maap klo kepanjangan…
    smoga brmanpaat…

  95. huaa td periksa mta lagii >.<
    pdhl 2 bln yg lalu pas periksa mta knan n kiri mnus 3,25
    trus karna mta udh ga enak jd priksa lagi dan skrg mta kiri ad silindernya !!
    udh gtu kga nanggung" langsung mluncur ke silinder 4,5 O.O *kaget + shocked*
    gmn cra ngilangin silinder ??
    sjauh ini guw pke softlen minus ..

  96. kk,om,mz,mb,tante….saya mau tanya
    saya jg silinder dan minus pi saya jg sering bgt ngeluh sakit kepala,
    apa sakit kepala saya ada hubungan dengn silinder dan minus saya???
    lo lagi sakit kepala sampe keluar kringet panas dingin. itu gmn??
    mksh’

  97. zee dwi saptarini

    bebrapa tahun lalu mata saya minus 0.25 dan 0.75 tetapi kacamata tidak pernah saya pakai. khir2 ini saya sering pusing klo berhadapan dgn komp setelah di periksa ternyata mata saya kanan kiri langsung silinder – 1.25, waduh dokter maupun optik juga ragu soalnya sekali pake kacamata kok berat, jd sy juga kut u/ kedepannya. apakah ada cara untuk mengurangi silinder maupun minusnya??

  98. aku mw tanya knp kok mata aku sulit tuk disembuhin????????
    padahal aku dah coba semua obat buat gak silinder lagi.

  99. sebelumnya terimakasih kepada mba Nurita Putranti yg telah membagi pengetahuanny,sehingga sangat membantu bagi saya yg awam ini,
    kebetulan mata saya selinder dan miopi,umur saya 25 tahun,sungguh tersiksa rasanya mempunyai mata yg tidak normal ini.
    menurut coment pemirsa diatas menyatakan klo mata selinder gk bisa di obatin,apa benar hal itu mba? klo bisa diobatin ,maka apa obatnya?
    dan apa benar mata selinder gk bisa dikasih kontak lens?
    benarkah mengkonsumsi wortel dengan porsi banyak pun tidak berpengaruh?

  100. terimaksih mba sebelumnya atas jawaban dan informasinya..

  101. Untung aku gak Minus

  102. makasih sharingnya gan, aq juga mengalaminya, mata silindris bisa sembuh gk ya gan?

  103. Alhamdulillah mata saya masih baik, mudah2an masih tetap baik walaupun sekarang2 ini lg sering browsing. Tp ada yg tau tidak mengenai pengaruh seringnya kita menggunakan laptop dengan kesehatan mata..?

  104. aq kn krja pke komputer dr jam 8 pagi smpe 4 sore n klo pulang mlm ny pasti pusing yg amat sngt sakit
    trus aq priksa trnyata mata ku kanan minus 0,5 n kiri minus 0,5 + silinder 1.00
    krna disarankan pke filter klo krja maka nya skalian aq pke kacamata n alhamdulillah semenjak rajin pke kacamata pusing ny skrg udh agak brkurang……….
    klo silinder bsa sembuh ga mbak dng pke kacamata……..??????

  105. kemaren baru aja periksa mata
    kiri minus 1 yg kanan minu 1,75 + silinder 0.5
    kalau pake kacamata bisa berkurang ga ya minusnya?
    kalau silender beneran ga bisa disembuhin?

  106. makasih solusinya.. smoga saya bs mengurangi resiko mata minus

  107. Aku sering mencoba melihat garis-garis melingkar yg untuk uji silinder, dan menurutku, aku bisa melihat segala arah dengan sama jelasnya. barusan aku ngeprint logoku pada dua arah yg berbeda, vertikal dan horisontal. dan betapa terkejutnya aku manakala aku melihat yg vertikal lebih ramping dan tinggi dan yang horisontal menjadi pendek dan gemuk. apa ini jg karena silinder?
    btw, kok milih themenya sama kaya themeku di http://press.sulhansetiawan.com ya :D

  108. assalamualikum :)
    saya mau sharing sama penderita silinder yang lain *lebay* saya baru periksa mata pas saya kelas 1 smp-sekarang kelas 2. pas periksa ke dokter, katanya mata kanan saya silinder 3,__*lupa*, tapi yang kiri normal. awalnya kaget, apalagi pas dokternya bilang harus dioperasi, rasanya langsung drop. tapi karna masih 13 tahun, gak jadi deh, tunggu umurnya 18 tahun. menurut dokter, ini faktor genetik(bapak saya silinder) dan saya emang sering baca-apalagi sambil tiduran. setiap 3 bulanpun saya harus periksa ke dokter. ribet! tapi akhirnya enjoy aja tuh pake kacamata. asalkan ada kemauan sembuh, pasti bisa! meskipun gak sembuh total, yang penting silindernya turun kan? ;) saya yakin pasti ada hikmahnya. misalnya, kalo orang lain liat kita pake kacamata jadi lebih cantik? haha :D *bercanda, peace*

  109. aku mau cerita… aku baru pulang dari rumah sakit karena periksa mata…. dokter bilang mataku silinder… huft sedih

  110. Saya Silinder 6 Trus Minus 6 Trus Gmn Buat Gk Pake Kacamata???????????????

  111. aku mau curhat,, bolehkan???
    aku dalam 1 minggu itu 5 hari selalu di depan komputer & sekarang terasa perih & merah” kayak yg sakit mata,,,
    apa tidak akan apa”..???
    & kasih tahu solusi untuk mencegah’a..
    thank’s..

  112. ada obat buat mata silinder???

  113. Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan penyakit seperti mata minus,plus,silinder,katarak dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi page kami di http://www.facebook.com/pages/Pengobatan-Tradisional-untuk-segala-penyakit/123308827749818?ref=hnav

  114. Sekarang manau minus dan silindris bisa disembuhkan, dengan alat Terapi Mata 2 in 1

    info lebih lanjut silahkan ke terapimata2in1.wordpress.com

    atau

    terapimata@ymail.com

  115. Sekarang mata minus dan silindris bisa disembuhkan, dengan alat Terapi Mata 2 in 1

    info lebih lanjut silahkan ke terapimata2in1.wordpress.com

    atau

    terapimata@ymail.com

  116. wah makasih ya informasinya, mataku juga silinder 0,75 dan minus 0,75 :'(

  117. wah makasih ya informasinya, mataku juga silinder 0,75 dan minus 0,75 :’(

  118. mumpung masih kecil, bisa diterapi aja, kemungkinan sembauh akan lebih cepat, dari pada makin lama, makin parah, langsung aja ke

    terapimata2in1.wordpress.com

  119. Syukurlah mata sy masih baik tp tulisan yg menarik, paling tidak mengingatkan sy untuk bersyukur atas nikmat ini…

  120. saya juga diponis kene min dan cilender,,,,,,,,,,,,,,,,
    saya lumayan tkut dengan hal itu,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    apakah ada cara untuk menanggulanginya?????????????????????

  121. ooooo karena keturunan toh…
    baru tau saya….
    makasih ya infonya…
    berguna buwanget :D
    hahahaha…
    makasih… :)

  122. mau tnya,,,,
    saya pny minus ma silinder kanan 2.5 cilinder 1.5
    yg kiri minus 3 cilinder 1,5
    da gk siihh softlenx n merkx pa????

  123. Kenapa mata saya R: -6.50 and sin. 1.00 and L: -1.25 and sin. 1.00 kenapa ya?

  124. mbak anakku umur 5 thn , di fonis doktr mata yang kanan silinder 0.25 yang kiri minus 0.25. untuk perawatannya aku kasih wortel tiap hari , vit A sering dan liat2 yang hijau ( pohon ) rumput).
    ada kemungkinan untuk hilang gak ya mbak penyakit di matanya???
    Dokternya nyuruh pake kacamata tp gak aku buatin takut malah nambah.
    tolong infonya terima kasih mbak

  125. Haduggh,
    minusqu udh guede bgd buu,.
    5 ma 4,.T.T
    Hikzzz
    slinder’y 1.1,.
    Slama sthn nhui dh pke kcmata,.
    Awal’y minder ga PD,tp mw gmna lagi,udh jdi kbtuhn???
    yo q ikhlasn pke truz typ hri,?hehe
    skrg malahn jd mlez klo ga pake,?
    Rsa’y smua jdi gda bentuk’y?
    #trsiksa.com
    Mungkn smbuhkah??
    Pke operasi bsa ga y???
    Q pgn bgd smbuh?O.O
    Gi2 atas d.cabut pgaruh ga ma minus n slinder?

  126. ass..wr wb…. saya arif… mo nanya dong….. saya suka tiba2 ngeblang malah ampe jatuh waktu saya liat cahaya tiba2 atau lbh mudahnya setiap saya lihat cahaya blitz camera n setiap nyalain lampupokoknya mah tiap mata saya kena cahaya langsung yg tiba langsung blank. itu knapa n obatnya ap??? mohon bantuannya dong

  127. Saya jg penderita silinder..ketauanny pas smp mta kanan 4 n kiri 4,5…kata dokter gda obatnya. Tp untuk alat bantu ngeliat hrs pake kacamata..mpe 6taun pk kacamata ngurangin dikit jadi 3,5 n 3,75.. Krn cape jadiny lepas kacamata..eh tau2nya aq nambah lg deh jadi 4 n 4,5.. Males pke kcamata akhirny mnta saran dokter utk pke softlens atw operasi..trnyata softlens buat silinder gda..n’ operai jg bnyk efek sampingnya.. Tp ada smcam softlense nmanya hardlens.. Akhirnya sy buat deh di PT.INNED bandung sesuai rekomendasi dokter.. Disana retina mata yg ga rata itu di ukur agar sesuai dgn mata kita..hargany lumayan mahal sih.. Tp berguna bgt buat kita yg males pk kacamata

  128. asslamu’alaikum..sy penderita mata silinder n minus
    kanan silinder =1,50 minus 1,00
    kiri minus =1,00
    apakah bisa disembuhkan??

  129. mau nanya dong. saya kalo melihat biasa aja tapi, kalo nyatet dari papan tulis pandangan saya suka ke bagi 2. trus mata saya jadi rada capek gitu. kalo kayak gitu silindrer bukan sih? makasih :)

  130. Wah, begitu ternyata. Saya silinder kanan kiri 0,25. Tapi sekarang udah sakit kalau kelamaan di depan komputer. Ya, komputer memang menjadi faktor pemicu… *tapi bagaimana lagi, kerjanya harus ngadep komputer tiap hari :(

  131. saya ada Propolis Melia, harga member 75rb. kalo non member 100rb /botol.
    untuk segala jenis penyakit luar dan dalam.

    Propolis 1 paket isi 7 botol.
    member: 550rb
    nonmember: 750rb

    mario.kampes@gmail.com
    085292676044

  132. siip deh infonya…..

    makasih ya….
    saya minus 1/4 kanan kiri…silinder 1/4 kanan kiri…

    baru 2 hari ini pake “mata tambahan”..
    bisa sembuh g ya?
    ada yang bilang bisa..ada yang bilang g bisa…bingung…ada yang punya masukan..?
    ditunggu info selanjutnya

  133. gini mas sekarang ku kelas 7. waktu semester 1 kemarin mata kiri -1 + cyl 0.5 kanan -1 . sekarang kiri -2.25 + cyl 0.5 kanan -2.25. kok dalam waktu 5 bulan pertumbuhannya cepet banget-

  134. klo mata saya sering blank klo kena cahaya tiba2.bahkan sering ampe jatuh, apalagi klo kena cahaya blitch camera …. itu kenapa ya?

  135. pas banget nemu informasi ini.. kebetulan lagi cari info soal silinder
    istri ku silinder 0,5 + min 1
    thanks..

  136. uhuh pngen pke kcamata minus tpi ku g minus gmn donk?

  137. saya dulu cuma minus 3/4 sm 1/2,,,dan tadi ke dokter malah minus 1.5 n silinder nya -100 pula,,,
    hiks,,,hiks,,,*ngosek*

  138. sabar ya bwat penderita minus and silinder,tpi hrus tetepbrsyukkur loo kan udah di ksi ada kcmatax,*”COBAK KLO` GA` ADA`’ gmna donk nasibnya truz pa lgi bwt yg minusx tingiiiiiiiiiiiiiiii banget……..

  139. jika astigmatisma trjadi akibat ketidakrataan kelengkungan kornea, berarti bisa dikoreksi dengan memperbaiki korneanya dong/operasi kornea?
    menarik sekali, soalnya mata saya astigmatisma nya tinggi, kiri satu kanan 2.
    minusnya juga tinggi, kiri 4 kanan 5

  140. Silinder bisa dilasik gak ya? Mata saya kanan silinder 1 n minus 0.5, kiri silinder 1 minus 0. Dulu sebelum pakai kacamata kiri-kanan silinder 0.5. Trus semenjak saya pakai kacamata yang sekarang ini, kalo pas saya buka kacamatanya, pandangan saya makin kabur dari sebelum dibiasain pake kacamata. huhuhuhu…. Tapi kenapa kalo waktu saya pakai kacamata, kalo untuk focus ngeliatnya jelas dan enak. Tapi kalau waktu nyetir, agak pusing dikit. Jadi saya merasa kalau melihat yg bergerak agak pusing. Rasanya jauh semua yang didpn mata. Kenapa ya….Saya ngga mau pakai kacamata huhuhuhu

    • aku bru umur 15 thn,walau aku tdk minus tpi , sring liat coment2x kaya`nya harus di cek lgi deh trus pertanda silinderxnambah deh kaya`x

  141. Liner Lionze

    Saya juga punya keluhan ni, mata kanan saya minus 4 silindris 0,75 dan mata kiri minus 4 silindris 0,5 dah banyak cobat2 tuk nurunin tp lom berhasil. . . .
    Terkadang sy jg gampang sakit kepala,
    tolong kasih solusinya donk. . . !

  142. saya sih cuma minus 1/4 kanan 1/2 kiri.. tepi baru minus segitu kok tidak bisa melihat tulisan yg fontnya berukuran 26 kebwh seperti sms… dalam jarak 20 cm… tapi umur saya masih 12 tahun… menggangu saya sebagai pelajar… tapi sekarang mata kanan saya sepertinya silinder… saya blum check up ke dokter mata..

    tapi thx infonya ya kk

  143. Saya sih Silinder 0,5 tapi kata dokter yang memeriksa saya kata nya saya tidak begitu perlu memaikai kaca mata namaun ketika melihat ke arah papan tulis saya tidak begitu jelas untuk melihat nya dan saya merasa saya memerlukan bantuan kaca mata.. Dan Sebaik nya bagai mana yaa untuk mengatasi nya ???

  144. Assmikum…, Apa Bener Kalau Mata Mines, selider Ga Bisa Di obati
    Masalahnya Mata Sebelah Kiri Saya Normal Tapi Mata Kanan Saya
    Setelah Diperiksa Ternyata Mines 5 selinder 1 Bagai Mana Cara Mengurangi Agar Tidak Ber Tambah Parah Makasih

  145. makasih, aku skrg tau tentang mata ku yg silinder ini

  146. jadi yg menderita mata selinder tdg sembuh kecuali memakai kaca
    mata..,

  147. Bagus sekali infonya, kebetulan karna saya baru aja mengalami kabur pada mata kanan, dan ternyata silindris…mau gak mau sekarang jadi pakai kacamata setelah 30th gak pernah pake sama sekali…hufftt…. :) nice info thx

  148. author, aku mau nanya nih.. mata aku ada sedikit kelainan, tp aku gk prnh periksa k dokter mata*masalahbiaya*. gejala nya gini nih, aku itu kan disklh duduk dibangku paling depan*dibarisanke2* tiap kali aku liat tulisan guru, suka gk keliatan jelas.. tulisan nya itu kaya ada bayangan nya, bnyk yg bilang aku silinder tp bnyk yg bilang aku kekurangan makan vitamin buat mata(cnth:wortel) . nahh itu gejala yg pertama, yg ke 2, biasa nya kalo udh jam 5/ setengah 6 sore, aku tuh kalau liat orang suka gajelas muka nya. firasat aku bilang kalo aku rabun senja. makanya aku bingung nih thor, ada yg bilang aku min, ada yg bilang aku silinder, ada yg bilang aku min+silinder, ada yg bilang aku rabun senja. dari gejala2 yg aku kasih tau td , sbenar nya itu aku punya penyakit mata/ atau enggak?
    makasih sblm nya thor :)

  149. kak, kalau pkek kcamata emng bener ya bisa nambah min , eeknya mata kita yang sebenarnya bisa liat dalam jarak sekian malah nambah min nya???

  150. hemmm emang sulit sih nyari obat untuk mata silinder, bahkan hampir ndak ada.. tapi “terapi” cukup membantu ko :) dengan terapii silinderku semakin menurun dan semoga cepat hilang (sembuh) hehe…. buat kalian yang mempunyai silinder/minus dimata ndak ada salahnya nyoba terapi … :D

  151. Lebih susah mana ya, penderita miopi dengan silindris?

  152. aniek stya ningsih

    kalo mata yg kiri silinder yg kanan minus itu nanti kalo pake kcamata bukan’nya nambah minus ya’
    tpi kalo di diemin ajja ntar takut’nya makin parah, soal’nya aku tiap hari di depan kompoter 12 jam,, saran yg baek gimana,,??

  153. mau tanyaa,, dulu saya pernah periksa ke dokter. katanya tidak ada gangguan / kelainan. padahal mata saya sakit kalo buat ngeliat. trus jugaa cepet lelah + ngantuk kalo mbaca / maen laptop.. :'( makasih jwabannya..

  154. slmat mlam,

    numpang tnya nii, sya sudah menderita rabun jauh selama 6th tpatnya pada usia 11th,,sjak prtma kali mnggunakan kca mta minus untk mta kri saya tdak prnh ada yang pas/nyaman, sdngkan mta knan sya sdah min 1,5, lalu dkter dsni hnya menytarakan minus kca mt sya, skrang saya sdah brusia 17th, dan slma 6 thn ini min mta sya slalu brtmbah hngga kni mta knan saya min 2,75, sdngkan untk mta kri msh blm dkthui hngga kni, sy sdah prnh cba prksa dr min 1-10 gak ada yg cocok, kmbli minus kc mta sya hnya disetarakan. jka saya mnutup mta knan saya, jrak pndang mta kiri sya kira2 hny 15cm, sdngkan jk mta kri sy d tutup, jrak pndang mt knan bsa smpai 75cm, jika saya tdk mmkai kc mta jrak pndang saya kra2 hny 1-1,5 m. sya sngt mrsa tdk nyman dgn klainan ini dok, trlbih saya msh seorg pljar. ada yang tau ga? tlong jlaskan klainan mta ap yg sy alami? ap solusinya?
    #help me please :(
    terima kasih

  155. mata say sinders 2,5 yang kanan 1 .
    ov=bata apa yang dapat menormalkan mata saya ya

  156. thank’s infonya mba’…

  157. Maaf sblmnya.
    Kalo untk hypermetrop bukanya rabun jauh-dekat.
    Trimz

  158. hehehehe..
    suka ceritanya..karena aQ sama..malah lbih parah..
    yg kiri silinder = 5,5, minus = 2…
    yg kanan silindet = 5 minus = 2…
    hehehe..

  159. lw untuk saiah. pertama minus 3 yg kiri kanan : 2 lbihlah
    periksa yang k 2 : mnurun jadi kiri 2 kanan tetap
    v pas periksa k 3 : jdie ada silinder 3..
    kaget bgt dngernya juga v minus.a jadi 1..
    ko bisa besaran silinder iah..???????????/// apa penyebabnya.???????????

  160. thanks infonya mba’….,anakkku kyknya jg gjla mata minus…,kepala sering pusing, mata sering berair,,,pdhal br berumur 7 thn…,maklum suka main computer berjam2..

  161. makasih info nya yaaa …. sekarang sya jd lebih tau soalnya anakku jg matanya kiri kanan silindris usianya baru 7 tahun ….

  162. pak apakah slinder dan minus bisa sembuh ga dgn pke kacamata ?
    saya penderita matany

  163. saya mau tanya,,saya minus 0,25 kiri dan kanan,,kalau memakai kacamata hanya melihat papan tulis atau tulisan yang agak jarak 2-3 meter,,jika untuk melihat lainnya masih normal,,apakah tidak bertambah minus saya jika jarang memakai kacamata,,,

    • mata saya minus and slindris waktu priksa di dokter. nah q dsru pke kcmata. aq pke kacamata ktika blajar saja. stelah itu aq lepas, nah setelah q lepas malah jadinya pusing. kira-kira knapa ya?

      • mungkin menurutku, dipakai saja, kalau dilepas-pake-lepas-pake malah tidak fokus, karena kornea mata kk udh terbiasa dengan kacamata kk itu. semoga bisa membantu wasalamualaikum wr. wb

  164. www,duniaobatindia.weebly.com
    solusi untuk mata minus, mata silinder, mata katarak dan penyakit mata lainnya
    sdh terbukti dan mulai dikenal di indonesia

  165. Annisa Pujianti

    makasih ya infonya,tapi aku takut kalau silinder aku nambah,soalnya aku masih kelas 2 SMP,emg gk ada cra lain buat nyembuhinnya?

  166. Saya ada pengalaman istri silinder 0,5 sudah hilang tinggal minusnya, yang ingin mencoba terapi spt istri saya ssilahkan jika minat, maaf bukan promo obat, hanya berbagi buat yg mebutuhkan SMS Only 089651545474

  1. Pingback: Mata Minus dan Mata Silinder (via Nurita Putranti) « Mine

  2. Pingback: Seputar Mata Minus dan Mata Silinder || Berita Unik

  3. Pingback: Seputar Mata Minus dan Mata Silinder – Gombong Guide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 139 other followers

%d bloggers like this: