Fungsi Rumah

Terinspirasi dari cerita anak yang sedang mengalami depresi karena kegagalan fungsi rumah. Bahasa kerennya broken home. Saya sudah berjanji untuk tidak menceritakan kisahnya kepada orang lain. Walaupun orang tuanya telah mendidiknya dengan limpahan uang *nah loh…!*, tetapi anak ini masih menjaga kehormatan nama baik orang tuanya, malu kalau sampai diketahui tmn2nya. Sungguh anak yang berbakti.

Ok lah, yang akan saya bahas adalah fungsi rumah *karena inti dari cerita anak tsb, dia tidak mendapat kebahagiaan dirumah*. Arti rumah secara sederhana adalah tempat untuk berteduh, menghindari panas matahari dan dinginnya hujan *polos mode on*.

Sekarang rumah sudah menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Dengan rael estate atau perumahan-perumahan dari type sederhana sampai elit. Bentuk bangunan juga tidak sederhana lagi, fasilitasnya juga sangat beragam sehingga rumah menjadi standar status sosial masyarakat tertentu dan menjadi kebanggaan tersendiri.

Sangat disayangkan rumah saat ini telah banyak bergeser fungsi dari tempat pendidikan informal untuk mendidik anak2nya dengan akhlak n akidah yang baik, berubah fungsi menjadi bioskop, restoran, hotel, kuburan. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan singkat di bawah ini : *bu guru mode on*

1. Bioskop; rumah yang dari pagi sampe malam tidak berhenti menyalakan televisi. Kebisingan suara hiburan dari pagi sampai malam mewarnai suasana rumahnya sehingga semua akan asyik dengan bioskopnya masing-masing.

2. Restoran; rumah yang hanya digunakan sebagai tempat makan. Pagi sebelum pergi, rumah telah tersedia makanan untuk sarapan. Lalu siang pulang makan lagi n malam setelah semua urusan selesai pulang kerumah untuk makan malam *kalo gak makan di luar*..

3. Hotel; rumah yang hanya bisa menyediakan tempat tidur yang empuk sebagai tempat istirahat setelah seharian penuh beraktivitas. Tidak sempat berkomunikasi antara anggota keluarga satu dengan lainnya karena masing2 sibuk dengan kegiatannya.

4. Kuburan; rumah yang sepi dan menyeramkan. Sebagian rumah juga hanya berfungsi saat malam hari ketika sudah kelelahan dan capek sepulang dari kerja dari pagi sampai malam hari. Dan yang menikmati fasilitas rumah hanya pembantu rumah tangga dan security saja.

Itu perubahan fungsi rumah yang sering terjadi skrg.

Bagaimana Anda memfungsikan rumah yang Anda tempati skrg? Atau Anda punya tipe rumah lain yang juga lagi tren saat ini?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu). (An-Nahl, 80)

About these ads

About nurita putranti

Nama yang diberikan ayah bunda tercinta kepada anaknya yg lahir 15 Pebruari 1984, adalah:Nurita Putranti. saya suka pake eNPe yg berasal dari inisial nama saya tuch :) tapi byk juga yang panggil saya de'ita.

Posted on May 23, 2008, in cerita, rumah and tagged , . Bookmark the permalink. 29 Comments.

  1. rizko pilih point nomor 2 hehehe

  2. Kalo kamek pileh yg nomor 5 Multi tasking he3 … ndak bah ..kamek pengen rumah yang dingin tanpa AC dan hangat tanpa perapian …pokoknye Baiti Jannati …

  3. Warnet gak ada ya ? hiuhihihihihii

  4. Fungsi rumah sudah banyak berubah rupanya :)

    Begitu juga dengan fungsi blog: rumah kita di dunia maya :)

  5. ya sebenernya fungsi tersebut bukan tidak baek,….bioskop, hotel, restoran, kuburan,…..

    selama semua orang (keluarga) mempunyai tugas masing-masing pada tiap fungsi rumah, saya rasa akan tetap harmonis. …. (iya gak sih..)

  6. Kalau dulu sebelum ada hape, atau bagi yang belum punya hape, rumah juga berfungsi sebagai wartel….
    …nah sekarang bagi yang sudah punya internet di rumah tentu fungsi rumah sekarang bertambah menjadi sebagai warnet……
    ….kalau orang tuanya kaya (bukan kaya monyet loh), tentu rumah juga berfungsi sebagai bank sekaligus mesin ATM……
    ….dan yang jelas dari dulu sampai sekarang fungsi rumah tetap sebagai WC umum…… wakakakak…. :lol:

  7. No. 4 iihhh sereeemmm … kalo gak kepaksa, mohh akhhh…. eehehe..Milih semua tetapi dgn pungsih dan punya batas waktu tertentu… rumah jg bole jdi bioskop(untuk kalangan sendiri), sekeluarga bisa terhibur, jadi sdh gak perlu hiburan luar rumah…Namun dengan batas waktu tertentu sesuai kenutuhan…..

  8. Ups.. kelupaan.. lam kenal ya mba…..
    @Bpk : Mika’ urang blitong ya…. aku juga dari sana… lam kenal ya Bpk…..

  9. 1-3 deh, cuma porsinya setengah2 aja, tapi kalau yang no.4 itu beda ukuran kan, hehehe

  10. rupe ini yang na’ dirangkai kate2nye….. kire na’ ngerangkai ucapan selamat… :-P

  11. pengennya punya rumah yang bisa multifungsi gt…jadi tidak perlu keluar rumah apalagi kalo udah ada akses broadband unlimited….bakalan nggak kemana2 deh…. ;)

  12. # rizko
    sile..sile..pilih jak mumpung free :mrgreen:

    # Bpk
    rumah yang RUAAAR BIASA…!!

    # Raffaell
    mau nambah fungsi jadi warnet?? boleh…boleh.. :D

    # Mardies
    iya, ada tambahan rumah di dunia maya melalui blog :)

    # Jenderal
    selama fungsi2 tersebut bisa ditempatkan sebagiamana mestinya, itu gak masalah. tpai kalau sudah berlebihan itu baru bahaya :D

    # Yari NK
    waakakakakak… WC yang gratiiiiiiiis seumur hidup :P

    # Rita
    kalo fungsi rumah sesuai porsi yang tepat, berarti masih bagus utk keluarga *penghuninya*
    salam kenal juga..

    # indra1082
    hu’uh yang no.4 beda ukuran ;)

    # Annga
    eits…ucapan selamat utk gosip kmrn ke? mba ang jadian dgn co… *kabuuuuuuuuur*

    # rovich
    itu sih emang drim abaaaaaaaaaang :P

  13. Dunia berubah, fungsi rumah mengalami pergeseran, bagaimana manusia menyikapi, itulha kenyataan

  14. tapi kalok saye yang tak punye rumah camane lah.. tak pernah Broken Home lah ye….

  15. # diorockout
    pilih no.4 sedih ya?? :mrgreen:

    # abah ersis
    nggih bah ai, semua tergantung gmn kita menyikapi perubahan yang ada :D

    # fadlie
    huahahahha..iye lah :P

  16. “Tiga kunci kebahagian seorang laki-laki: (1)isteri shalihah yang jika dipandang membuatmu semakin sayang, jika kamu pergi membuatmu merasa aman karena bisa menjaga kehormatan dirinya dan hartamu. (2) Kendaraan yang baik yang bisa mengantar kemanapun pergi. Dan, (3) RUMAH YANG LAPANG, DAMAI PENUH KASIH SAYANG… (HR. Abu Dawud)

  17. nah loh, rumahku nomor 1, gara-gara riku maunya nonton mulu. Padahal aku paling benci TV. Kalo aku udah tinggi voltagenya baru deh mati hihii

  18. # Dian Jarumi
    thx pak ustadz :D

    # Ikkyu_san
    huahahahaha…bahaya juga kalo ibu imelda srg tinggi voltage :mrgreen:

  19. Bagi penduduk pinggiran Jakarta, fungsi rumah, malangnya, cenderung berubah menjadi tempat transit atau sekedar meluruskan (maaf, pantat). Mengapa? Bayangkan, pagi2 sekali sekitar pukul 05 pagi penduduk pinggiran Jakarta sudah meninggalkan rumah menuju kantor mereka di pusat kota. Sore, ada yang baru nyampe rumah pukul 22.00. Bayangkan, kapan menikmati rumahnya?

  20. Buat saya, fungsi rumah no 3 lalu no 1. Eh itu mah bukan rumah, tapi kamar kosan. Kalau rumah beneran (rumah orang tua) berfungsi sebagai tempat rekreasi….
    *hiks… belum punya rumah*

  21. yang bikin rumah nggak seperti rumah kan karena ulah penghuninya sendiri.
    Saya pernah begitu juga. Sering kabur-kaburan dari rumah..
    Sekarang…
    saya sudah pulang…
    and you know what.. it feels so damn good to come home!!! :D

  22. HHmmm … Ibu eNPe …
    Ini pengibaratan yang tajam sekali …

    Seharusnya Rumah Itu OASE kali ya …
    tempat yang adem … sejuk …
    bisa bercanda-canda … hangat …
    sekali gus tempat untuk menggelar sajadah untuk bersyukur …

  23. # heryazwan
    itu bisa masuk fungsi no.4 huehehhehe…

    # ipk4cumlaude
    huehehehhe..ada juga rumah sendiri tp seperti kosan :D

    # jeunglala
    yup, penghuni yang menciptakan situasi n kondisi dirumah. selamat ya, udah plg kerumah ;)

    # nh18
    huehehehe..itu tergantung dari sudut pandang mana kita membahasnya. emang seharusnya rumah bisa jadi OASE :D

  24. hmm sementara ini masih lebihke no 4 dan 3 entah why cuma itu lah yang tejadi. pingin sih di rumah teruuuuuuuuuuuuus seharian semalaman semingguan sebulanan setahunan dan seterusnya. balik ke keegoisan diri yang pingin ngumpul dengan teman ngenet dan lain lain. kdang menyesal juga kenapa harus kenal dengan inet. tapi ya udah lah doakan ada akses unlimited aja jadi entar bisa punya rumah yang ngangenin :-p

    Amiin..moga keinginan didik tercapai shg tidak merasa bersalah dgn orang rmh lagi :D

  25. RUmah saya kaya kostan.. lebih seringnya mengurung diri di dalam kamar… tapi sebagaimana di kost an, kadang ada interaksi antara sesama penghuni… tapi begitu saja… datang dan pergi sesuka saya… ah… mending ngekost beneran kadang kadang…

    Huehehehe..kalo udah ada rumah ngapain kost lagi mbak. kan dirmh gratiiiiss :D

  26. imam zakiudin

    lam kenal mba, dari wong sokaraja purwokweto banyumas.
    kata siapa wc gratis, emang bikinya gak pake biaya n kalo lg penuh sedot tinja gratiss?! he he he he heh
    =======
    salam kenal juga :D
    oh iya ya..jaman skrg emang gak susah cari yg gratisan. untung senyum tetap gratis :)

  27. terima kasih sudah mengingatkan
    salam

  1. Pingback: Nikmat manakah yang engkau dustakan | Abadikan diriku dalam hatimu bukan pandanganmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 156 other followers

%d bloggers like this: